MENURUT Acuan Gizi BPOM RI 2007, tubuh manusia disarankan mengonsumsi serat 25 gram per hari untuk mendukung proses metabolisme. 

Namun, bukan rahasia lagi jika hidup sehat erat kaitannya dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Gaya hidup perkotaan yang menuntut mobilitas tinggi, membuat kita sering hidup tidak sehat. Misalnya suka menyantap makanan cepat saji dan kurang mengonsumsi buah dan sayur. Padahal, buah dan sayur merupakan sumber serat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh setiap hari agar kondisi tubuh selalu terjaga. 

“Serat dapat mengikat lemak, gula, dan kolesterol yang terkandung pada makanan dan membuangnya bersama kotoran. Oleh karena itu, secara tidak langsung serat dapat menjaga kadar gula darah sehingga baik untuk pembuluh darah dan dapat menghambat penyerapan lemak serta mencegah hipokolesterol. Ini baik untuk kesehatan jantung,” kata Dr Ulul Albab SpOG, pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia dalam acara Kampanye Hidup Sehat Dengan Serat yang diselenggarakan PT Kalbe Farma (tbk) di Hypermart Cyberpark Karawaci, beberapa waktu lalu. 

Serat, lanjutnya, juga dapat bekerja sebagai prebiotik yang baik untuk perkembangan probiotik (bakteri baik) di pencernaan. Dengan adanya asupan serat yang kontinu, mikrosistem di pencernaan menjadi seimbang dan terjaga sehingga seluruh bagian dapat berfungsi baik. Bertepatan dengan Hari Ibu, PT Kalbe Farma (Tbk) melalui produk Original Love Juice melakukan kampanye hidup sehat dengan serat guna mengajak masyarakat menyadari pentingnya makanan dan minuman tinggi serat untuk keluarga. 

Di samping diskusi kesehatan, juga ada demo masak yang dibawakan oleh Runner up Master Chef Indonesia 2015 Deny Gumilang. “Kalbe selalu berusaha mengampanyekan hidup sehat kepada masyarakat, salah satunya hidup sehat dengan serat. Kami memiliki banyak inovasi untuk produk nutrisi, salah satunya produk jus yang mengandung serat tinggi yang bagus untuk kesehatan,” kata Head of Marketing & Sales Kalbe Beverages PT Kalbe Farma (Tbk). 

Rangkaian kegiatan lain yang dilakukan, antara lain memberikan minuman Original Love Juice tinggi serat secara serentak kepada 15.000 pengendara wanita yang melintas di beberapa gerbang tol di 3 kota, yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya pada Senin (21/12). Kegiatan ini sesuai dengan momentum Hari Ibu dengan mengajak para wanita sebagai pilar rumah tangga untuk memulai hidup sehat dalam keluarga. 

Kegiatan lainnya, yaitu melakukan edukasi dan berbagi informasi akan pentingnya peran serat bagi kesehatan di 40 kota, melalui media print, radio, digital activity, program office to office, dan di 100 outletpasar modern. Produk jus besutan Kalbe tersebut diproses dengan teknologi ultra high temperature (UHT) sehingga nutrisi dan kualitas produk tetap terjaga dan aman dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, meski tanpa bahan pengawet. 

Minuman ini juga tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan sehingga baik untuk kesehatan dan telah besertifikasi halal dari MUI. Tersedia dalam kemasan 300 mililiter serta 1 dan 2 liter yang memiliki lima varian rasa, yakni delima, jeruk, jambu, apel, dan sirsak.

SHARE
Login | Sign Up