Masa muda selalu menjadi saat yang menyenangkan. Tubuh masih langsing, kulit masih kencang, gerakan masih lincah dan bebas melakukan berbagai macam kegiatan. Tak peduli dengan segala lelah, yang penting selalu terlihat enjoy setiap saat. Hanya sayangnya, dalam mengisi masa muda itu, banyak anak muda terlena. Mereka lebih senang menyantap makanan dan minuman yang
serba instan atau fast food. Pakar kesehatan menilai makanan junk food memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi.

Kalori dalam makanan cepat saji yang digoreng tinggi. Burger, yang terlihat seolah makanan yang sehat, ternyata berisi lebih dari 1.200 kalori. Times of India melaporkan, mereka yang terkena obesitas umumnya karena jumlah kalori yang diasup oleh tubuh sangat tinggi. Jika kalori tersebut tidak dipergunakan dengan baik, maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Karena tidak dibakar akibat kurang gerak membuat penumpukan lemak terjadi di dalam tubuh.

Dalam menyajikan makanan cepat saji, para pelaku bisnis restoran cepat saji biasanya menggunakan lemak terhidrogenasi dalam penggorengan. Lemak terhidrogenasi dipilih karena murah dan berlimpah. Jadi pada saat lemak dipanaskan dalam suhu tinggi dalam selang waktu tertentu, akan terkonversi secara kimiawi menjadi karsinogenik. Karena itu mengonsumsi makanan yang digoreng dengan lemak tersebut sangat tidak sehat.

Sebuah studi yang dilakukan University of Minnesota School of Public Health, meneliti tentang efek berbahaya dari fast food. Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun yang melibatkan lebih dari 60.000 orang Singapura keturunan China. Partisipan berusia antara 45-74 tahun. Selama 10 tahun periode studi, menunjukkan 1.397 partisipan meninggal akibat penyakit jantung dan 2.252 menderita penyakit diabetes tipe 2. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa mengonsumsi fast food dua kali ataulebih dalam seminggu memiliki kemungkinan 27 % lebih besar untuk terserang diabetes dan 56 % meninggal akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan partisipan yang jarang atau tidak pernah makan fast food. Bahkan 811 partisipan yang diketahui makan fast food empat kali atau lebih perminggu, risiko kematian akibat serangan jantung meningkat hingga 80 % Selain itu Penelitian dari University of Adelaide menyebutkan anak kecil yang gemar makan fast food bisa membuat IQ lebih rendah dua poin dari anak yang tak banyak makan fast food saat masih kecil. Walaupun perbedaan IQ-nya tak begitu kentara, studi ini membuktikan bahwa pola makan anak berusia 6 sampai 24 bulan memberikan efek yang kecil namun signifikan terhadap IQ saat usianya mencapai 8 tahun.

Saatnya beralih ke makanan berserat Melihat efek jangka panjang dari kebiasaan makan makanan fast food itu ada baiknya jika mulai dari sekarang mulai mengurangi kegemaran itu dan beralih dengan mengkonsumsi makanan kaya serat yang lebih sehat. Makanan berserat merupakan makanan yang tidak bisa dicerna ataupun diserap oleh tubuh sepenuhnya. Karena sifatnya ini maka makanan berserat akan sedikit sekali menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh tetapi tetap bermanfaat dan diperlukan bagi tubuh kita terutama membantu melancarkan metabolisme tubuh dan buang air besar. Bagi yang sedang menjalani program diet, mengonsumsi makanan kaya serat diyakini dapat menjaga berat badan tetap ideal karena makanan ini membuat Anda cepat merasa kenyang dan mencegah konstipasi. Dengan mengkombinasikan pola makan dengan makanan berserat maka bentuk tubuh dapat terus terjaga. Selain itu serat juga dapat bekerja sebagai prebiotik yang baik untuk perkembangan probiotik (bakteri baik) di pencernaan. Dengan adanya asupan serat yang kontinyu maka mikrosistem di pencernaan menjadi seimbang dan terjaga sehingga seluruh bagian dapat berfungsi baik.

Berbicara tentang serat makanan, ada dua jenis serat pertama adalah serat yang dapat larut (soluble fiber). Serat jenis ini masih bisa dicerna di dalam tubuh, karena akan mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk kemudian dibuang. Kedua, serat yang tidak dapat larut (insoluble fiber). Serat ini dapat membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga bermanfaat untuk diet. Sifat serat ini akan tetap utuh sampai pada akhirnya dikeluarkan dari dalam tubuh.

Berdasarkan data Puslitbang Gizi Depkes RI rata-rata konsumsi serat penduduk Indonesia masih sangat rendah sekitar 10,5 gram. Sedangkan orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi serat per hari 21 sampai 38 gram. Wanita sebaiknya mengonsumsi 21-25 gram serat per hari, sementara pria disarankan mengonsumsi 30-38 gram serat per hari. Rata-rata anak dan remaja membutuhkan setidaknya 15 gram serat tiap hari. Mengonsumsi setidaknya lima porsi sayuran dan buah segar sehari dapat mencukupi kebutuhan serat harian.

Dengan mengetahui kebutuhan serat harian tersebut maka tidak ada salahnya apabila mulai dari sekarang untuk membiasakan makan makanan berserat tinggi yang bisa didapat dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan bij-bijian. Mulailah dari yang sederhana seperti misalnya mengonsumsi satu buah apel yang mengandung dua gram serat. Untuk memenuhi kadar serat harian 25 gram, maka variasikan menu makanan Anda dengan porsi sayuran, seperti sayur bening yang di dalamnya terdapat bayam dengan kandungan 2,8 gram serat, wortel dengan kandungan 4 gram serat dan jagung manis dengan kandungan 4 gram serat. Untuk lauk pauk Anda bisa mengonsumsi tempe goreng yang kandungan seratnya sangat tinggi, yaitu sekitar 20 gram. Kembali variasikan itu pada menu makan siang hingga makan malam demi mengejar kebutuhan serat harian tadi.

JIKA Anda termasuk orang yang sibuk dengan banyaknya kegiatan atau pekerjaan di luar maka tidak perlu kuatir. Soalnya saat ini sudah tersediam produk kemasan minuman buah berserat tinggi yaitu Original Love Juice. Minuman ini merupakan jus buah asli pertama dalam kemasan yang tinggi serat karena kandungan buah di dalamnya lebih banyak sehingga lebih tinggi serat dan juga tinggi Vitamin C. Diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) sehingga nutrisi dan kualitas produk tetap terjaga dan aman dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu meskipun tanpa bahan pengawet. Selain itu, produk ini tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan sehingga baik untuk kesehatan serta telah bersertifikasi halal dari MUI.

Original Love Juice merupakan produk dari PT Kalbe Farma, perusahaan yang fokus di bidang kesehatan dan nutrisi, sehingga selalu memberikan manfaat kesehatan di dalam setiap produknya. Bagi konsumen dengan mobilitas tinggi, tersedia Original Love Juice kemasan 300 ml yang praktis, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga tersedia kemasan 1 dan 2 liter. Produk ini dapat ditemukan di minimarket, supermarket & hypermarket serta seluruh retail di Indonesia. Tersedia 6 pilihan rasa buah yaitu sirsak, pomegranate (delima) , jeruk , jambu, mangga dan apel. Dapatkan kebaikan manfaat buah & tinggi serat setiap hari hanya di Original Love Juice

Love Juice - Love Your Health

SHARE
Login | Sign Up